adsense

3 software untuk simulasi elektro terbaik

Untuk membuat sebuah rangkaian elektronika, maka ada baiknya dibuat simulasinya terlebih dahulu, selain untuk menghindari kesalahan, seperti korsleting arus atau yang lainnya. Penggunaan simulasi juga dilakukan supaya biaya lebih efisien. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai software apa saja yang dapat kita gunakan untuk belajar tentang elektro. Berikut adalah software untuk membuat skema rangkaian elektronik, beberapa diantaranya dapat digunakan untuk melakukan simulasi cara kerja rangkaian yang dibuat, selain itu bisa juga digunakan membuat PCB (printed circuit board), diantaranya adalah :
1. Proteus
menurut saya, proteus merupakan software paling baik dan paling lengkap. Dengan menggunakan proteus, maka kita bisa membuat skema rangkaian elektronik, kemudian bisa langsung disimulasikan. Terdapat juga mikrokontroler yang dapat ditambahkan pada project kita. Model 3D view juga tersedia pada proteus, sehingga kita bisa melihat tampilan 3D dari rangkaian yang sudah kita buat. Kekurangan dari software ini yaitu tidak gratis. tetapi untuk proteus 8, disini saya akan membagikan crack beserta cara-caranya, anda bisa mendownload cracknya disini
     untuk cara cracknya sendiri, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Exrtact terlebih dahulu file crack yang sudah didownload tadi, dan simpan difolder yang sama dimana anda menyimpan file proteus. Alasannya supaya lebih mudah dalam pencarian saja. 
     Setelah itu Install Proteus, kemudian jika ada pilihan untuk license key pilih "Use a locally installed license key", kemudian klik "Next", "Next", setelah itu klik "Browse For Key File" kemudian cari folder "Crack" dan pilih "LICENCE.lxk", klik "Install", klik "YES". setelah menginstal licence klik "Close", kemudian klik "Next" untuk finish.
     Jika sudah diinstal Jangan langsung membuka Proteus, copy folder "Crack\BIN" ke direktori "C:\Program files\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional", jika ada peringatan pilih saja replace.
     Copy folder "Crack\MODELS" ke "C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional" . Jika anda kesulitan mencari directori ini, copy saja text ini C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional kemudian paste dibagian navigasi windows explorernya, seperti gambar berikut


Setelah langkah-langkah diatas selesai, Proteus dapat dijalankan.

2. Fritzing
Fritzing merupakan software yang cukup baik, kelemahan dari fritzing adalah tidak disediakan nya fitur untuk melakukan simulasi, tapi kalau dari tampilan, fritzing lebih bagus.Karena software ini dapat menampilkan model 2D dari skema rangkaian yang kita buat, sehingga terkesan lebih nyata.Tampilan dari frritzing adalah sebagai berikut.


Disana ada pilihan BREADBOARD, SCHEMATIC dan PCB, breadboard digunakan untuk membuat rangkaian dalam bentuk 2 dimensi, sehingga kita bisa melihat bentuk asli dari rangkaian yang kita buat, contohnya seperti berikut



Kemudian pada bagian schematic, kita bisa melihat rangkaian dalam bentuk skemanya

 
untuk cara menginstal fritzing sendiri, pengalaman saya menginstal fritzing di windoss lebih sulit dari pada di linux, kalau di linux relatif lebih gampang, karena kita tinggal mencarinya di pengelola perangkat lunak dan cari fritzing. Kemudian tinggal langsung instal, ukuran fileya juga lebih kecil, tidak sampai 100MB.

3. Live Wire
software yang satu ini menurut saya meerupakan software yang paling ringan, tampilannya mungkin tidak sehebat proteus, tetapi dalam fungsinya tidak kalah hebat. Pada software ini kita bisa meilihat simulasi dari rangkaian yang kita buat, kita juga bisa belajar gerbang logika dengan menggunakan software ini.
Contoh dari rangkaian dengan menggunakan Live wire adalah sebagai berikut:
 
jika anda ingin mendownload Livewire, klik disini.

Reference: Papermindvention.blogspot.com
3 software untuk simulasi elektro terbaik 3 software untuk simulasi elektro terbaik Reviewed by M Hasan AM on December 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.