adsense

Penerapan Array Dinamis pada Arduino

Artikel ini, merupakan Artikel lanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara membuat array dinamis pada Arduino IDE. Seperti janji saya sebelumnya, pada artikel ini saya akan membahas tentang penerapan dari array dinamis, yang akan saya terapkan pada project pengiriman data secara wireless dengan menggunakan modul 433 Mhz RF wireless tranmitter & receiver.
Data yang akan saya kirimkan adalah data yang dibaca oleh sensor Ultrasonic HC-SR04, untuk contoh study kasusnya, saya akan membuat sebuah alat untuk mengukur ketinggian air pada bendungan, kemudian datanya dikirimkan secara wireless, tujuannya supaya saya dapat memonitor ketinggian airnya di rumah, tanpa saya harus pergi dulu ke sungai. Cukup menarik bukan??.
komponen - komponen yang digunakan diantaranya adalah:
  • Dua buah Arduino (saya menggunakan Nano dan Pro). yang digunakan sebagai Mikrokontroler nya
  • Modul 433 Mhz Wireless Transmitter & Receiver. yang digunakan untuk pengirim dan penerima data nya.
  • Sensor Ultrasonic HC-SR04, yang digunakan sebagai sensor untuk mendeteksi ketinggian Air.
  • PC dan software Arduino IDE nya, untuk melakukan intalasi.

Ok setelah kita mengetahu komponen apa saja yang akan kita gunakan, selanjutnya langsung saja kita membahas perancangan alatnya. Perancangan yang saya buat, dapat dilihat pada diagram blok berikut:
Diagram blok untuk sisi Transmitter (pengirim)

dari gambar diatas, kita dapat melihat pin digital pada Arduino yang digunakan untuk sensor dan untuk transmitter. Untuk pin data pada transimitter kita menggunakan pin digital 12, kemudian untuk pin echo pada sensor ultrasonic kita menggunakan pin digital 5 dan untuk pin triggernya kita menggunakan pin digital 6.
Rangkaian yang sudah saya buat adalah sebagai berikut
Rangkaian Transmitter yang telah dibuat
Kemudian kita lanjut ke tahap pemrograman untuk transmitter. Berikut adalah program yang dibuat:


kemudian selanjutnya kita merancang alat untuk receivernya. Untuk diagaram bloknya, dapat anda lihat pada Gambar berikut
Diagram blok untuk Receiver (Penerima)
dari Gambar diatas, kita dapat melihat pin untuk data pada modul receiver dihubungkan dengan pin digital 12 pada Arduino, penggunaan nomor pin ini harus sama (dengan transmitter), sebelumnya kita juga menghubungkan pin data pada modul transmitter pin digital 12 pada Arduino. Rangkaian yang sudah saya buat adalah sebagai berikut:

Rangkaian receiver yang sudah dibuat
Kemudian untuk program yang dibuat untuk Receiver adalah sebagai berikut:


Penerapan Array Dinamis pada Arduino Penerapan Array Dinamis pada Arduino Reviewed by M Hasan AM on December 31, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.