adsense

Membuat Mobil Remot Control (RC) menggunakan Arduino

Dalam artikel ini masih membahas mengenai pemanfaatan modul Wireless Transmitter dan Receiver, hanya saja sekarang saya akan memanfaatan modul ini untuk membuat mobil remot control (RC), kelebihan utama dari pembuatan mobil RC dengan modul ini yaitu channel-nya yang banyak, sedangakan kalau kita membeli mobuil RC yang sudah jadi, channel yang tersedia umumnya hanya 4, yaitu untuk maju, mundur, belok kanan dan belok kiri.
Dalam pembahasan ini, saya membuat mobil RC dengan 3 buah roda (seperti konsep Omni-Wheel), Komponen – komponen yang dibutuhkan untuk experiment kali ini adalah sebagai berikut:
  • IC L293D, IC ini akan kita gunakan sebagai Driver motor.
  • 2 buah motor DC, sebagai penggerak
  • 1 buah Modul wireless transmitter & receiver, untuk pengirim dan penerima data
  • 2 Buah Arduino nano, sebagai kontroler pengirim dan penerima.

Untuk transmitter, saya menggunakan PC sebagai media untuk input perintah kepada Arduino,
Rangkaian yang saya buat adalah sebagai berikut:
Skema Transmitter

program yang saya buat adalah sebagai berikut:


kemudian selanjutnya adalah merancang perangkat keras untuk Receivernya.
Skema rangkaian perangkat keras untuk Receiver

Program yang saya buat untuk receivernya adalah sebagai berikut:


Pembahasan program
terdapat 4 pin input untuk IC L293D, dalam program ini saya mendefinisikannya dengan ml (motor left) dan mr (motor right). akhir kata dari saya, semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi untuk anda, kemudian silahkan buat konsep RC anda sendiri, berikut juga programnya. Terima kasih...
Membuat Mobil Remot Control (RC) menggunakan Arduino Membuat Mobil Remot Control (RC) menggunakan Arduino Reviewed by M Hasan AM on January 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.