adsense

Instal laravel di linux


Laravel merupakan salah satu framework PHP, penggunaaan framework sendiri dibuat untuk mempermudah developer dalam membangun website. Menurut saya framework itu sama halnya dengan library pada saat kita membuat sebuah program, dalam bahasa C kita sering menggunakan perintah #include untuk memasukkan library, penggunaan library dilakukan untuk mempersingkat program yang kita buat, sehingga ukuran memori-nya bisa lebih kecil.
untuk menginstal laravel, sebelumnya anda harus menginstal composer terlebih dahulu. Untuk cara instalasi composer, kita dapat melihat langsung dari website resminya. Karena pada sius resmi composer menggunakan bahasa inggris, tidak ada salahnya disini saya membahas dengan menggunakan bahasa saya sendiri, supaya mudah dipahami :D

untuk melakukan instalasi composer, kita harus mengisntal php5-cli terlebih dahulu. Untuk versinya (php5) dapat disesuaikan dengan veri php yang anda gunakan, karena disini saya menggunakan php versi 5, maka perintahnya

sudo apt-get install php5-cli

kemudian selanjutnya adlaah menginstal Composer melalui terminal di linux mint, ketik perintah berikut di terminal untuk menginstal composer

php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"

php -r "if (hash_file('SHA384', 'composer-setup.php') === '544e09ee996cdf60ece3804abc52599c22b1f40f4323403c44d44fdfdd586475ca9813a858088ffbc1f233e9b180f061') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"

php composer-setup.php

php -r "unlink('composer-setup.php');"


perintah untuk instal composer sebenarnya sudah tersedia disitus resmi composer, anda dapat melihat nya melalui link berikut https://getcomposer.org/download/, hanya saja bahasanya bahasa inggris,, jadi tidak ada salahnya kalau saya tulis kembali di blog ini.
untuk mengecek versi composer yang sudah terinstal, ketik perintah berikut di terminal

composer –version
 jika berhasil, maka akan ada tampilan seperti berikut


 
instal mcrypt
pada beberapa versi php5 terkadang harus meenginstal aplikasi tambahan, yaitu php5-encrypt, kita dapat menginstalnya melalui terminal dengan menggunakan perintah

sudo apt-get install php5-json
sudo apt-get install php5-mcrypt
sudo /etc/init.d/apache2 restart


kemudian jika sudah selesai,  masuk ke dircectory var -> www -> html, kemudian klik kanan, dan pilih buka di terminal. Setelah itu ketik perintah berikut :

/var/www/html $ composer create-project laravel/laravel {folder} 4.2 --prefer-dist

*pada bagian yang diberi tanda bold yaitu {folder} dapat dirubah dengan nama folder yang anda inginkan, misalnya myweb,  atau apapun terserah anda.
Tunggu proses download sampai selesai, jika sudah selesai, jangan lupa untuk memberikan hak akses ke folder laravel dengan memberikan perintah:

/var/www/html/ $ chmod -R 777 {folder}

atau juga dengan menggunakan perintah

/var/www/html/ $ sudo chmod -R 777 {folder}
Instal laravel di linux Instal laravel di linux Reviewed by M Hasan AM on February 05, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.