dalam sebuah
peta, kota/wilayah saling berdekatan sehingga sulit untuk membedakannya. Salah
satu cara yang digunakan untuk membedakannya adalah dengan mewarnainya, dengan
menggunakan teori graf, suatu wilayah dijadikan sebagai sebuah simpul kemudian
setiap simpul yang bertetangga diberikan warna yang berbeda.
Pewarnaan dari
suatu graf G merupakan suatu pemetaan dari sekumpulan warna ke beberapa simpul
(vertex) yang ada pada graf G sedemikian sehingga simpul yang bertetangga
memiliki warna yang berbeda. Selain pewarnaan simpul, dikenal pula pewarnaan
sisi pada suatu graf. Suatu graf G dikatakan berwarna n jika terdapat n warna
dalam pewarnaan graf G tersebut. Banyak warna minimum yang diperlukan dalam
pewarnaan suatu graf dinamakan bilangan kromatik, yang dinotasikan oleh X (G )
(X: dibaca chi). Berdasarkan hal
diatas, aplikasi yang akan saya buat adalah tentang pewarnaan graf (Simpul).
aplikasi yang
dibuat mengambil contoh dari pewarnaan graf, pewarnaan yang digunakan adalah
pewarnaan simpul, yaitu: memberi warna pada simpul-simpul graf sedemikian rupa,
sehingga dua simpul bertetangga mempunyai warna berbeda. Pengaplikasian
dari aplikasi yang saya buat dimisalkan dengan pewarnaan wilayah, dimana
setiap wilayah digambarkan dalam bentuk kotak. Dan saling berdekatan. Sehingga
warna dasar yang saya gunakan terdiri dari 4 warna berbeda. Seperti
gambar berikut:
dari
gambar diatas, bisa kita lihat bahwa setiap simpul saling berdekatan, simpul
berwarna merah bersisian dengan warna kuning, hijau dan biru, begitu juga
dengan yang lainnya
Pembahasan
Aplikasi
design yang dibuat adalah sebagai berikut:
pada gambar
diatas, terdapat 1 edit text (Input text) untuk menentukan berapa objek yang
akan ditampilkan, kemudian tombol cek digunakan untuk memproses inputan
tersebut.
Kemudian
dibawahnya, terdapat group box yang berisi 4 color box, untuk mengganti warn
dari gambar yang akan di tampilkan. Setelah tombol
cek di tekan, maka dapat kita lihat di sebelah kanan, terdapat beberapa kotak dengan warna yang berbeda - beda pada tiap sisinya.
banyak
setiap objek akan sama dengan angka yang
diinputkan, seperti gambar diatas, dimana angka yang diinputkan adalah angka
10, maka kubus yang tampil seluruhnya adalah 10 x 4 (10 merah, 10, kuning, 10, hijau).
Program
yang dibuat
bahasa pemrograman yang digunakan
adalah delphi 7, dan berikut adalah program yang penulis buat:
unit
menambah button;
Aplikasi yang sudah dibuat dapat Anda anda download disini
Membuat Aplikasi Graf warna Menggunakan Delphi
Reviewed by Unknown
on
November 11, 2017
Rating:
bahasanya hampir sama kaya Visual Basic, tapi emang ada beda di deklarasinya.
ReplyDelete